Bamsoet: MA menanggapi positif laporan tahunan yang disampaikan langsung ke rapat tahunan MPR

Home / MPR RI / Bamsoet: MA menanggapi positif laporan tahunan yang disampaikan langsung ke rapat tahunan MPR

Bambang Soesatyo, Ketua Musyawarah Rakyat Jakarta-Indonesia, memuji sikap Mahkamah Agung (MA) yang membantu tujuh lembaga negara untuk menyampaikan laporan tahunan secara langsung kepada masyarakat melalui rapat tahunan MPR RI dan menyambut baik gagasan MPR RI. Sejak tanggal 15-16 Agustus 2020 adalah hari Sabtu dan Minggu, maka rapat tahunan MPR RI harus dimajukan menjadi 13-14 Agustus (Kamis), 2020. Dalam lima tahun terakhir, ia telah menyampaikan pidato nasional di atas podium. RI, DPD RI, BPK, MA, MK dan KY. Pada 14 Agustus mendatang, mereka akan mendengarkan laporan tahunan kepala pemerintahan presiden dan pidato presiden dalam rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Ketua MPR RI dan MA, MPR RI Rapat Kerja dan Musyawarah Kepresidenan di Jakarta, Selasa (28/4/20).

Namun, ia menambahkan jika Indonesia masih bingung dengan Covid-19 pada Agustus mendatang. Pasca pandemi, rapat tahunan MPR RI bisa dipadatkan menjadi satu hari, dan presiden hampir bisa menggelar rapat dari Istana Bogor. – “Ini sepenuhnya tergantung pada persetujuan pimpinan lembaga nasional termasuk Presiden.” – Hadir pula seluruh Wakil Ketua MPR Republik Indonesia, termasuk Ahmad Basarah, Ahmad melalui video conference. Ahmad Muzani (Ahmad Muzani), Jazilul Fawaid (Jazilul Fawaid), Lestari Modijat, Hidayat Nur Wahid (Syarief Hasan), Zukifri Hassan, Azul Sani dan Fadr Mohamed. Rapat tersebut juga dihadiri langsung oleh MA, antara lain Presiden Mahkamah Agung Syarifuddin terpilih, Wakil Presiden MA Sunarto, Ketua Dewan Orientasi Takdir Rahmadi, Presiden Dewan Pidana Suhadi, Presiden Dewan Agama Amran Suadi, dan Presiden Dewan Militer. Burhan Dahlan, Ketua Majelis TUN Supandi (TUN Supandi), Andi Samsan Nganro, Ketua Ombudsman, dan I. Gusti. Presiden Gusti Agung Sumanatha. — Mantan Ketua Umum Partai Kekuatan Demokrat itu menegaskan, lembaga negara langsung melapor kepada rakyat pada rapat tahunan Konferensi Permusyawaratan Rakyat Indonesia. MPR hanya memfasilitasi kejadian tersebut sesuai dengan undang-undang. Oleh karena itu jangan melapor ke MPR RI. Karena dalam forum ini Konferensi Permusyawaratan Rakyat Indonesia juga menyampaikan laporan tahunannya kepada masyarakat.

“Seperti pimpinan lembaga nasional lainnya, presiden selaku kepala pemerintahan juga menyampaikan laporan tahunan ke rapat tahunan MPR. RI dilaksanakan pada 16 Agustus setiap tahun. Dalam laporan pimpinan lembaga nasional lainnya, presiden merangkum dan mengirimkan Laporan-laporan tersebut akan disampaikan langsung oleh pimpinan masing-masing instansi nasional, ”kata Bamsoet. — Melalui pertemuan tahunan Konferensi Permusyawaratan Rakyat Indonesia ini, masyarakat dapat mendengar dan memahami apa yang terjadi. Berbagai institusi nasional telah beroperasi. Sehingga mereka bisa mencapai transparansi dan akuntabilitas serta kematangan demokrasi kita. Mereka semua berada di berbagai lembaga nasional, dan mereka juga memiliki forum tersendiri untuk menyampaikan laporan tahunan. Sesuai tradisi MA yang sudah memiliki tradisi menyampaikan laporan tahunannya pada bulan Februari atau awal Maret setiap tahunnya, maka diundanglah perwakilan MA dari berbagai negara. Musyawarah tahunan MPR RI yang disiarkan secara langsung di saluran TV domestik dan internasional serta di jejaring sosial MPR RI setiap tahun juga akan memungkinkan warga untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang tindakan Mahkamah Agung dan lembaga negara lainnya dalam satu tahun terakhir, ”ujar Bamsoet. Pancasila (Pancasila) Wapres mengungkapkan bahwa gagasan menyampaikan laporan tahunan ke lembaga nasional pada rapat tahunan MPR RI bukanlah ide yang mendadak, tetapi sudah bergulir sejak (alm) Taufik Kiemas memimpin MPR RI. Empat MPR Indonesia Tuan Pilar Besar.Mahkamah Agung melengkapi dukungan serupa yang diberikan oleh DPD RI, BPK, MK dan KY yang juga disampaikan dalam rapat konsultasi virtual yang dipimpin oleh MPR RI. Selain itu, MPR RI akan menggelar rapat konsultasi virtual dengan DPR RI dan Presiden. Jika semua pihak setuju, MPR RI siap menggelar rapat tahunan secara virtual dan fisik, ”tutup Bamsoet.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

adu ayam online_s128.net_s1288