Gus Jazil minta BNPB tetap waspada menghadapi bencana terkait pandemi Covid-19

Home / MPR RI / Gus Jazil minta BNPB tetap waspada menghadapi bencana terkait pandemi Covid-19

TRIBUNNEWS.COM-Wakil Ketua Konferensi Permusyawaratan Rakyat Indonesia Jazilul Fawaid (Jazilul Fawaid) mengaku sangat berduka atas bencana banjir yang tiba-tiba di Kabupaten Luvu, Provinsi Sulawesi Selatan bagian utara. Banjir bandang menyebabkan 15 korban jiwa, 34 orang dinyatakan hilang, dan 4.930 orang terdampak. Ketemu, “kata Jazilul Fawaid dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (16/7/2020).

Banjir bandang terjadi di Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, Senin (13/7) lalu. BNPB mencatat Di Luvu utara ada 4.930 KK. Wilayah yang terkena banjir bandang adalah Masamba, Sabang, Baibenta, Baibenta Selatan, Marange dan Simarange. Bagian utara bukan tidak beralasan, katanya. Bencana ini disebabkan oleh ulah manusia yang tidak bertanggung jawab, beliau berkata: “Bencana ini memang ujian dari Allah, tetapi juga memperingatkan para perusak lingkungan untuk tidak terus menerus melakukan kegiatan yang merusak alam. Kebangkitan nasional ini menambahkan bahwa bencana alam yang terjadi di seluruh Indonesia disebabkan oleh tangan-tangan kotor perusak alam dan lingkungan. Ia mengatakan bahwa dengan cara demikian kejadian tersebut tidak akan terulang kembali. “Kita semua butuh kesadaran dan kearifan. Untuk terus melindungi lingkungan. Ia menambahkan, pemberian kekayaan alam jangan sampai berubah menjadi bencana alam.

Selain itu, Gus Jazil berharap Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dapat selalu fokus dan menjaga antisipasi dan penanggulangan bencana alam, meski saat ini BNPB sedang dalam COVID-19.

“Kami memang fokus menangani bencana Covid-19, tapi kami tetap berharap BNPB tidak gegabah dalam memprediksi dan menangani bencana alam (seperti Wabah Wadi Gunung Luwu),” ujarnya.

“Kami juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi. Ia menyimpulkan:“ Masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Luwu akan turut serta membantu korban banjir dan keluarganya. “

Leave a Reply

Your email address will not be published.

adu ayam online_s128.net_s1288