Achmad Mubarok: Dalam pandemi Covid-19, komunitas telah meningkatkan fokusnya pada masyarakat

Home / Metropolitan / Achmad Mubarok: Dalam pandemi Covid-19, komunitas telah meningkatkan fokusnya pada masyarakat

Jakarta, TRIBUNNEWS.COM-Syarif Hidayatulah Jakarta, H. Guru Besar Psikologi Islam, Universitas Nasional Islam (UIN) Profesor Achmad Mubarok mengatakan bahwa selama pandemi Covid-19, masyarakat sebenarnya meningkatkan kesadaran sosialnya. Fenomena distribusi makanan di jalan telah membuktikan hal ini.

“Sekarang, menyediakan makanan untuk orang-orang adalah fenomena yang ada di mana-mana di jalan. Alasan mengapa hal itu terjadi adalah karena lebih bergantung pada menarik perhatian orang pada biji wijen. Banyak perilaku berasal dari individu. Atau perorangan, “kata profesor itu. H. Achmad Mubarok, MA, Kamis (30/4/2020) .Selain itu, Achmad Mubarok mengungkapkan bahwa selain perorangan, ada berbagai kelompok, organisasi dan partai politik untuk membantu.

“Mantan anggota MPR RI itu mengatakan:” Selain perorangan, beberapa orang berasal dari kelompok. Misalnya, kemarin, beberapa partai politik juga membagikan ribuan kotak makanan. Karena itu, walaupun ada banyak makanan formal seperti ini, ada lebih banyak makanan sosial. “Dari 1999 hingga 2004. Selain itu, Profesor Achmad Mubarok menjelaskan bahwa gotong-royong komunitas ini sebenarnya membuat ketahanan kelompok rentan harus cukup untuk bertahan dalam situasi ini. Waktu. Misalnya, Bantuan RT yang diperlukan adalah 100, tetapi hanya 50 kotak yang diterima. Beban pejabat setempat sangat berat karena ada banyak orang yang membutuhkannya. Oleh karena itu, sangat penting bahwa masyarakat harus mendapatkan bantuan individu, organisasi dan kelompok, “Komite Ulama Indonesia ( MUI) kata mantan wakil ketua komite penelitian. -Selama periode ini, komunitas secara spontan memberikan bantuan. Pandemi Covid-19 bahkan telah terjadi tanpa pemerintah atau pihak mana pun yang menyerukannya – karena ini adalah merek dagang orang Indonesia yang bekerja sama untuk saling membantu. . Saya pikir panggilan konferensi sebenarnya bisa menjadi ucapan terima kasih kepada mereka. Bahkan tidak berpikir Anda tidak membantu karena tidak ada banding. Karena kepedulian sosial masyarakat Indonesia cukup tinggi, mereka menyadari bahwa jika itu dilakukan oleh pemerintah saja, itu pasti tidak mungkin. Ini juga merupakan semangat gotong royong di antara orang-orang di negara ini, “katanya. Pandemi Coch-19 Achmad Mubarok memang merupakan akar penyebab kelemahan ekonomi dan sosial, yang sebenarnya merupakan masalah paling serius. Karena orang-orang yang bekerja karena momok ini, sering kali Mereka tidak dapat lagi bekerja atau dipecat … terutama jika mereka adalah pekerja di sektor informal, dan upah mereka “bekerja dengan upah harian dan tidak bekerja seumur hidup, yang tentu saja memiliki dampak besar pada mereka.” Tetapi yang penting adalah selama situasi di negara itu aman dan damai, dan tidak ada kejahatan serius yang dilakukan, masyarakat masih bisa mengalami semua ini karena solidaritas kemanusiaan untuk membantu kemanusiaan muncul. Achmad Mubarok: Karena selama bulan Ramadhan ini, kecepatan puasa juga setidaknya membuat orang mengidam, sehingga mereka tidak terbakar untuk meminimalisir hal-hal yang dapat membahayakan semua orang, seperti kerusuhan. Kemudian, hal yang sama berlaku untuk masyarakat miskin di sekitarnya. Karena itu, Tuhan menghendaki, puasa itu untuk mengurangi kemungkinan konflik di masyarakat, “katanya. Dia menjelaskan.

Selain puasa Ramadhan, Achmad Mubarok juga menyebutkan Selama Ramadhan, perlu untuk mempraktekkan pelajaran hari wajib. Menurut pengalamannya, terutama zakat fitrah (zakat fitrah) biasanya diserap oleh orang-orang miskin di sekitar.

“Tapi mungkin itu karena COVID-19 besar Jumat ini populerSiapa yang bisa membayar zakat bisa dikurangi. Achmad Mubarok mengatakan: “Seperti kartu kelas hari untuk lembaga nasional seperti Baznas, hari ini sekarang dapat dikurangi, karena orang yang memberikan amal juga dapat dipengaruhi oleh pandemi COVID ini.”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

adu ayam online_s128.net_s1288