Anggota Panitia V DPR PUPR mendesak Sungai Benahi Ciliwung

Home / Metropolitan / Anggota Panitia V DPR PUPR mendesak Sungai Benahi Ciliwung

TRIBUNNEWS. Sigit Sosiantomo, anggota Panitia COM-V Jakarta DPR RI, mendesak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) segera memperbaiki Sungai Ciliwung yang disahkan berdasarkan Undang-Undang Nomor 16. Pada tanggal 17 Sumber Daya Air, 2019. Sigit mengatakan pada Sabtu: “Sebelum warga melaporkan bahwa sampah menumpuk di Sungai Qiliong, saya meminta PUPR segera mengambil tindakan untuk menjaga sungai sesuai dengan tugas pokok dan fungsi UU SDA. Berdasarkan Pasal 10 dan 11 UU SDA, pemerintah pusat berhak mengatur dan mengelola sumber daya alam di wilayah sungai yang melintasi bagian barat provinsi, seperti Sungai Ciliwung yang melintasi Jawa Barat dan DKI Jakarta. Kewenangan ini tidak sebatas menentukan kebijakan strategis, tetapi juga dalam pembiayaan APBN.

“Sangat disayangkan masih banyak masyarakat yang belum memahami pengelolaan dan administrasi lembaga tersebut. . Sungai induk lintas provinsi merupakan kewenangan pemerintah pusat, PUPR sesuai dengan undang-undang SDA. Mungkin kedepannya undang-undang tersebut harus lebih disosialisasikan agar setiap pihak dapat memenuhi kewajibannya. Kata Sigit.

Baca juga: Megawati memilih teratai untuk kampanye “Ciliwung Bersih”

Untuk wilayah DKI, PUPR mengalokasikan beberapa kegiatan pada tahun 2021 untuk mengelola Sungai Ciliwung. Anggaran yang dialokasikan untuk pengelolaan Sungai Ciliwung dalam APBN untuk pembangunan sarana dan prasarana mulai dari pengendalian banjir hingga pemeliharaan sungai harian mencapai ratusan miliar. Pembangunan larangan Sungai Ciliwung sebesar Rp145 miliar, pengendalian banjir sebesar Rp28 miliar, dan Rp 1,4 miliar untuk banjir Kajian peringatan dini dan pemeliharaan rutin Sungai Ciliwung di Rip. 2000000000. – “Anggaran untuk Sungai Ciliwung di wilayah DKI cukup besar. Saya minta kepada general manager SDA segera memperbaiki Sungai Ciliwungi tanpa ada keluhan apalagi melapor. Pakai saja anggaran rutin untuk pemeliharaan Sungai Ciliwung,” Sigit kata. “Itu disiapkan dalam APBN.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

adu ayam online_s128.net_s1288